TIPS MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Punya blog bagus, tampilan menarik, fitur - fitur lengkap dan widget - widget bertebaran di seluruh pelosok blog. tapi loading blog terlalu lama atau bisa dibilang lemot untuk membuka suatu halaman. mungkin inilah yang membuat seroang pengunjung malas atau enggan datang ke blog kita. lalu apa solusi kita untuk mengatasi masalah ini? lanjutin aja bacanya...


masalah - masalah yang menghambat lambat loading dalam suatu halaman web bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

1. penggunaan gambar berlebihan
pada penggunaan gambar ini dimaksudkan penggunaan gambar yang terlalu besar baik pada saat postingan maupun pada sidebar, dan size gambar pun juga mempengaruhi loading blog.
solusi: pergunakan thumbnail - thumbnail gambar pada saat postingan sehingga ukuran dan size gambar akan menjadi kecil, sehingga akan mempercepat loading blog anda.

2. penggunaan widget - widget yang terlalu berat
pada penggunaan widget - widget sangatlah penting, karena kita harus pintar memilih widget mana yang penting atau tidak untuk dipasangkan di blog kita sesuai tema blog kita karena jika kita tidak pintar memilih maka widget itu akan ikut andil dalam memperlambat loading blog kita.
solusi : pergunakan widget yang sekiranya penting saja, dan singkirkan widget - widget yang tidak penting atau untuk gaya - gaya saja (seperti : widget jam, kalender, dll)

3. File flash (.swf , .fla) dan lainnya
pada file flash jelas sangat ambil dalam memperlambat loading blog. karena selain ukuran dari file flash yang besar, file berbau flash juga melakukan loading tersendiri sehingga pengunjung terlalu lama untuk menunggu hingga munculnya flash tersebut.
solusi : gunakan sekiranya file flash yang perlu saja. ingat, kalau tidak terlalu penting lebih baik tidak usah dipasang daripada resiko ditinggal pengunjung

4. Javascript
penggunaan javascript yang terlalu banyak juga membuat blog semakin lambat karena itu blog - blog yang memasang javascript terlalu banyak harus menanggung resiko yaitu lambat dalam proses loading blognya.
solusi : sama seperti flash, apabila dirasa penting bagi blog lebih baik dipakai kalau tidak penting, lebih baik tidak usah dipasang.


5. jumlah postingan
jumlah postingan yang terlalu banyak juga mengakibatkan beratnya suatu halaman untuk dibuka karena harus meloading satu per satu halaman blog yang begitu banyaknya.
solusi : atur jumlah postingan seminimal mungkin, maksimal 5 atau kurang.

6. akses internet
kalau ini sudah tidak usah ditanya lagi, seminimal apapun blog anda kalau akses internet anda tidak cepat akan terlihat lambat saja (^^)
solusi : ganti akses internet yang lebih cepat (huahuahuah)

oke, selamat mencoba.....

0 komentar:

Posting Komentar